Latest News

4 Hal Tak Terduga yang Membuat Ban Mobil Lekas Gundul

Tekstur kasar ban mobil memang membuat kualitas berkendara menjadi lebih nyaman. Karena tekstur kasar tersebut akan memperbesar gaya gesek ban mobil terhadap permukaan tanah atau aspal. Hasilnya, kita bisa berkendara dengan manuver yang baik ketika melewati berbagai medan.

Sayangnya, ada hal-hal tak terduga yang membuat ban mobil menjadi lekas botak. Jika kita bisa mengatasi 4 hal tak terduga berikut ini, tentu saja kondisi mobil akan lebih awet dan kita tetap nyaman saat berkendara :

Ukuran Velg yang Tidak Sesuai dengan Ban
Jangan menganggap remeh ukuran velg yang tidak sesuai dengan ban mobil kita. Sebab ukuran tersebut justru bisa membuat kinerja ban mobil menjadi semakin berat. Sudut-sudut ban mobil akan mengalami penurunan kualitas karena terdesak oleh dorongan velg. Akibatnya, ban jadi rentan gundul atau pecah pada salah satu sisinya.

Tekanan Udara yang Terlalu Tinggi atau Rendah
Tekanan udara dalam ban harus berada dalam kondisi optimal. Karena tekanan udara yang terlalu tinggi akan membuat ban menggembung dan bagian tengahnya akan lebih cepat gundul. Sedangkan tekanan udara yang rendah malah membuat permukaan ban menjadi cekung, sehingga bagian pinggirnya yang lebih cepat gundul.

Pecahan Tajam yang Terselip di Ban
Pecahan benda tajam seperti kerikil, keramik, atau biji besi juga rentan mengakibatkan kerusakan ban. Ketika kita membiarkan benda-benda kecil tersebut maka kinerja ban akan semakin terbebani. Selain mengakibatkan ban kempes, pecahan-pecahan benda yang terselip di ban mobil juga berisiko membuat ban mobil lekas gundul karena harus berusaha mengimbangi beban mobil.

Cara Mengerem yang Kasar
Kebiasaan mengemudi yang sering mengerem secara kasar dan mendadak juga berisiko mengakibatkan ban lekas gundul. Sebab ban mobil mesti berhenti dengan cepat untuk merespon akselarasi rem yang sudah kita injak. Untuk mencegah hal yang satu ini, berarti kita mesti memperbaiki kebiasaan mengemudi. Berusahalah untuk mengemudi secara perlahan-lahan agar tidak perlu sering menginjak rem secara mendadak.
foto: suzukipusatbandung.com
Supaya keselamatan kita tetap terjaga saat lupa mengganti ban gundul, kita mesti menyiapkan asuransi mobil yang bagus. Sebab saat ini banyak pula asuransi mobil all risk yang bisa memfasilitasi perlindungan maksimal sesuai kebutuhan kita. Maka kita tak perlu khawatir lagi dengan risiko kehilangan, kerusakan mobil, atau kecelakaan yang bisa menimpa kita.

Yuk segera akses Futuready untuk menemukan pilihan asuransinya. Di Futuready ini beragam asuransi mobil yang bagus dilengkapi dengan berbagai informasi premi dan spesifikasi. Sehingga kita tidak akan keliru memilih asuransi mobil sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates