Latest News

Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Kulit bayi yang lembut dan lucu terkadang sangat sensitif terhadap berbagai gangguan. Contoh yang sering dialami oleh bayi adalah bintik-bintik merah kecil dan gatal. Itulah yang dinamakan dengan biang keringat. Punggung, leher, pundak, paha bahkan kening sering mengalami biang keringat. Tak perlu khawatir, gangguan ini sudah biasa terjadi pada semua tingkatan usia bayi. Jika rasa gatal menyerang pada bayi, biasanya bayi menjadi lebih rewel dan menangis. Anda pun harus mengetahui cara menggendong bayi yang benar agar bayi merasa nyaman dan tidak rewel lagi. Terlebih bagi Ibu muda yang baru memiliki bayi pertama kali. 

Penyebab Biang keringat pada bayi terjadi saat kulit bayi yang mengeluarkan keringat tidak mengalir lewat pori-porinya secara lancer, dalam artian tersumbat. Bintik-bintik kecil itu merupakan pori-pori kulit yang bengkak akibat keringat yang tersumbat tadi. Warnanya merah dan terasa gatal pada kulit bayi. Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa menggunakan bedak salicyl. 

Biang keringat umumnya terjadi pada bayi, tapi orang dewasa pun tidak menutup kemungkinan mengalaminya. Bayi memiliki pori-pori yang kecil, sehingga ketika cuaca lembab dan panas bisa menyebabkan biang keringat. Pakaikan pakaian yang lebih adem dan berbahan lembut agar bayi merasakan kenyamanan.
Ilustrasi. (foto: intisari-online.com)
Meskipun sudah biasa terjadi pada bayi, namun hal ini menyebabkan bayi merasa gatal dan tidak nyaman. Akhirnya bayi akan menangis dan lebih rewel dari biasanya. Untuk mengatasi biang keringat pada bayi sebaiknya menghindarkan bayi dari kepanasan. Jika memang cuacanya sedang panas, pilihlah baju yang lebih tipis. Tempatkan handuk atau kain berbahan katun pada punggung dan lehernya sehingga membantu menyerap keringat. Daerah inilah yang sering mengalami biang keringat. Posisikan di tempat yang teduh dan sejuk agar lebih nyaman.

Hindari pakaian berbahan kain polyester dan nillon karena akan semakin menambah panas ketika dipakai bayi. Pakaian berbahan katun sangat direkomendasikan agar mudah menyerap keringat. Karena banyak mengeluarkan keringat, pastikan bayi Anda cukup minum. Tujuannya adalah Agar cairan yang keluar dari tubuhnya dapat tergantikan dan terhindar dari dehidrasi. 

Jangan menggunakan krim atau salep tanpa resep dokter. Mengoleskan salep pada kulit yang mengalami biang keringat justru akan semakin menambah parah, karena krim atau salep memerangkap kelembaban kulit. Gunakan krim hidrokortison, tentunya dengan resep atau saran dokter. Berhati-hatilah dalam mengatasi biang keringat ini agar bayi anda tidak mengalami kejadian buruk.

Setelah mengetahui Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi, Anda tentunya tidak akan bertindak gegabah dan tetap memperlakukan bayi dengan baik. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates