Latest News

Kecanduan Smartphone, Ini Akibatnya

Selalu seru untuk melakukan aktivitas dengan menggunakan smartphone. Sekadar melakukan panggilan telepon, menggunakan berbagai aplikasi dan permainan, bisa menjadi hal yang menyenangkan. Namun, tahukah kamu apa yang akan terjadi jika terlalu sering melakukan interaksi dengan benda ini?

Meskipun berbagai kemudahan kini bisa didapatkan melalui penggunaan ponsel pintar, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan hal yang buruk darinya. Penggunaan yang sudah melewati batas, justru bisa memberikan pengaruh buruk bagi para penggunanya. 

Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah waktu yang kamu habiskan saat menggunakan smartphone. Jika kamu menggunakan lebih dari setengah hari untuk berinteraksi dengan benda tersebut, bisa jadi kamu sudah menjadi sangat kecanduan. Selain itu jika kamu rela menghabiskan banyak pulsa atau paket internet dalam waktu singkat, hanya untuk tetap berinteraksi dengan smartphonemu, bisa jadi kamu juga telah kecanduan.
Ilustrasi. (foto: zopini.com)
Hal tersebut perlu kamu hindari sebelum membuat kondisimu semakin memburuk. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu hal-hal apa saja yang mungkin kamu alami jika terlalu kecanduan akan smartphone

Beberapa hal berikut ini sangat mungkin terjadi jika kamu terlalu sering berinteraksi melalui layar gawai. Tak hanya pengaruh buruk secara sosial, berbagai pengaruh negatif juga akan terjadi pada kesehatanmu. Apa saja hal-hal tersebut?
1. Sulit tidur
Kesulitan tidur di malam hari (Insomnia) bisa terjadi pada para pengguna smartphone yang sudah kecanduan. Mereka bisa sangat sulit untuk memejamkan mata dan mengalami tidur yang berkualitas.

Ciri-cirinya terlihat dari rasa penasaran yang berimbas pada aktivitas mengecek isi ponsel secara berkelanjutan, meskipun sudah larut malam. Mereka tidak ragu untuk bergadang, hanya untuk menghabiskan bonus pulsa dan kuota internet. Bahkan, saat pulsa atau paket data internet telah habis, mereka tidak segan untuk kembali melakukan pembelian secara online. 

Situs Traveloka adalah salah satu situs web yang menyediakan layanan penjualan pulsa dan paket internet secara online. Dengan mengakses pembelian langsung di situs web atau aplikasi, proses transaksi online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Selain ciri tersebut di atas, pengguna smartphone yang mengalami gangguan ini biasanya meletakkan gawai mereka tak jauh dari jangkauan. Itulah mengapa, jika kamu mengalami gangguan serupa, ada baiknya jika kamu mulai mengatur penggunaan ponsel di malam hari. Selain itu, matikan listrik lampu kamar dan jauhkan ponsel dari jangkauan tangan, sehingga bisa membuat tidur semakin berkualitas. 

2. Infertilitas
Meskipun belum teruji secara pasti, banyak pihak menyetujui bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan bisa menyebabkan kemandulan (Infertilitas). Hal tersebut bisa dipicu dengan peletakkan ponsel di saku celana, yang dipercaya bisa mengurangi jumlah sperma. 

Jika kamu ingin terhindar dari hal tersebut, kamu perlu meletakkan ponsel pada tas atau kantong terpisah. Dengan demikian, tubuh tidak mudah terpapar radiasi meskipun ponsel sedang tidak digunakan.  

3. Merasakan sindrom getaran
Sindrom getaran ponsel atau yang lebih dikenal dengan Phantom Pocket Vibration Syndrome adalah salah satu sindrom yang terjadi akibat getaran pada ponsel. Hal ini terjadi karena pengguna sering meletakkan ponsel di dalam saku dan menyalakan mode getar. Para pengguna smartphone yang mengalami sindrom ini akan merasakan getaran serupa, meskipun ponsel sedang tidak dinyalakan atau bergetar. 

4. Spondilitis
Ini adalah gangguan kesehatan lainnya yang mengakibatkan pengguna mengalami gangguan pada leher. Gangguan ini bersifat serius dan dinamakan Spondilitis. Penyakit ini bermula dari aktivitas menggunakan ponsel yang terlalu sering, terutama jika dilakukan dalam postur tubuh yang membungkuk dalam waktu lama. 

Penderitanya biasanya mengalami peradangan ruas tulang belakang yang disebabkan kuman TBC. Jika ingin terhindar dari penyakit ini, maka hindarilah penggunaan ponsel dalam kondisi tubuh yang kaku dan terlalu membungkuk. 

5. Terpapar kuman dan bakteri
Tahukah kamu bahwa di sebuah ponsel terkandung banyak kuman dan bakteri? Jika kamu terpapar kuman dan bakteri secara terus menerus, maka penyakit dengan mudah hadir ke dalam tubuh. Kamu akan lebih mudah sakit dan mengalami infeksi berkepanjangan. 

Guna menghindari hal tersebut, maka letakkanlah ponsel yang sesuai pada tempatnya. Jangan letakkan pada tempat-tempat kotor seperti dapur atau kamar mandi. Bersihkan layar ponsel secara teratur dengan pembersih khusus. Selain itu, cucilah tangan setelah menggunakan ponsel dalam waktu lama. 

Nah, setelah mengetahui beberapa hal buruk yang mungkin terjadi tersebut di atas, kamu masih mau kecanduan smartphone?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates