Latest News

Warisan Islam Di Nigeria

Nigeria menjadi Negara yang memiliki populasi penduduk Muslim terbesar di Wilayah Afrik Barat. Penelitian yang dilakukan Pew Research Center pada 2010 memperkirakan terdapat 48,5% Muslim di Nigeria dari total jumlah penduduk. Muslim di Nigeria didominasi Sunni, angka tersebut mengalami penurunan karena pada 2009 berjumlah 50,4%. Pertama kali islam tiba di Nigeria pada abad ke-9. Islam menjadi agama mayoritas tokoh terkenal di Kekaisaran Bornu pada masa Raja Idris Alooma tahun 1571-1603. Dari sejarah dan fakta inilah umat muslim dari Negara lain termasuk Indonesia selalu menyalurkan bantuan ke Nigeria saat negara tersebut mengalami bencana.

Bicara mengenai warisan islam di Nigeria, kamu akan mendapati Gobarau Minaret. Apa itu Gobarau Minaret? Sebuah menara yang memiliki ketinggian 15 meter, letaknya di Pusat Kota Katsina, Sebelah Utara Nigeria. Menara ini menjadi bukti arsitektur islam dan dijadikan sebagai pusat teologis. Gedung bertingkat pertama di Afrika Barat ini selesai dibangun pada masa pemerintahan Sarkin Katsina Muhammadu Korau, raja muslim pertama Katsina.

Kemudian ada yang dinamakan dengan Hubbaren Shehu, atau yang dikenal sebagai Rumah Syekh Usman Danfodio. Merupakan contoh luar biasa arsitektur islam Sudan-Arab, memiliki ciri khas dan tidak berubah meski berumur lebih dari 200 tahun. Tempat ini menjadi pusat studi dan perkembangan Islam pada abad ke-19 dan ke-20 di tengah gencarnya kegiatan misionaris dan kolonialisme di Wilayah Afrika.
Mesjid Shekh Alimi yang terletak di Kota Ilorin, Nigeria. (foto: icc-jakarta.com)
Terakhir, ada Mesjid Shekh Alimi yang terletak di Kota Ilorin, Nigeria. Kota tersebut dikenal sebagai Pusat Pengetahuan Islam dan terdapat banyak Ulama. Shekh Alimi sebagai pendiri Kerajaan Ilorin memiliki andil besar dalam membangun citra kota itu sendiri dan bekerja keras menyebarkan agama islam. Ulama lain mungkin berbeda pendapat bahwa Islam telah ada di Ilorin sebelum Shekh Alimi ada disana. Namun sejarah telah mencatat bahwa dia berhasil membantu Ilorin dibentuk sebagai Kota Islam. Kontribusi yang cukup jelas adalah pendirian Masjid Shekh Alimi pada tahun 1810. Masjid pertama dan tertua di Seluruh Kwara, Nigeria ini dijadikan sebagai media dalam menyebarkan Islam.

Perkembangan dalam beberapa tahun terakhir di Nigeria semakin panas terkait konflik dan isu agama. Berita yang beredar adalah konflik antara Islam dengan Kristen. Terjadinya perang saudara diyakini telah menyebabkan bencana kelaparan dan korban jiwa. Tentu ini tidak baik jika dibiarkan terus menerus karena akan berdampak buruk pada perekonomian, kondisi sosial politik dan bisa menyengsarakan rakyat. Peran PBB dalam menciptakan perdamaian di Negara tersebut harus lebih berperan aktif. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates