Latest News

Ketahui Cara Membuat Proposal Bisnis yang Sempurna

Proposal bisnis adalah suatu dokumen tertulis yang dibuat oleh para wirausahawan yang berisi tentang semua unsur bisnis yang nyata baik secara internal maupun eksternal dari suatu proyek bisnis baru. Atau singkatnya, dokumen yang berisi rencana tentang usaha yang akan dirintis. Proposal disiapkan untuk mencari dana investasi untuk mengembangkan suatu bisnis tersebut. 

Agar proposal tersebut bisa membuat investor yakin dan mau menanamkan dananya untuk bisnis yang sedang direncanakannya itu. Di dalam proposal kamu harus menyajikan semua hal secara matang. Kamu harus paham benar siapa target market kamu, bagaimana menjalankan bisnis yang tepat, kelebihan bisnis yang kamu jalankan daripada para kemotitor dan apa saja keuntungan investor bila menanamkan modalnya pada binismu itu. 
Cara Membuat Proposal Bisnis yang Sempurna
Cara Membuat Proposal Bisnis yang Sempurna
Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat proposal bisnis yang benar. Beginilah langkah-langkahnya!

Jangan bertele-tele
Dalam menerangkan kelayakan Anda, bisnis Anda dan keuntungan dalam bisnisnya nanti janganlah bertele-tele. Langsung saja pada pokok pembahasan dan pilih kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti.

Pilih gambar yang terbaik
Supaya nampak menarik, gambar yang kamu sertakan pada proposal harus nampak tidak membosankan. Meski terlihat menarik dan menyenangkan dilihat, gambar harus tetap sesuai konten yang  kamu jelaskan. Pilih gambar yang berkualitas dan berkaitan dengan substansi. Kegunaan gambar dalam proposal adalah mempermudah saat menjelaskan keadaan tertentu pada investor. Gunakan kamera terbaik agar gambar yang dihasilkan pun bagus. 

Periksa tulisan kamu
Sebelum menyerahkan proposal bisnis pada investor, sebaiknya teliti secara seksama pengucapan katanya dan hasil ketikan. Sebab, tulisan yang salah sering kali mengganggu cara baca serta bisa mengakibatkan munculnya persepsi yang berbeda. Maka, baca lagi dan cek dari awal sampai akhir. Memang sih kelihatannya remeh, tapi efeknya besar dan memungkinkan investor ragu menanamkan modalnya pada bisnis kamu. 

Hindari copy paste 
Ingat, jangan mengcopy proposal orang lain. Tapi, berkreasilah dan jelaskan bisnismu dengan bahasamu sendiri yang gampang dimengerti. Buat sendiri dan pahami semuanya. Jika kamu disuruh mempresentasikan, bisa menjelaskan sesuai yang kamu tulis itu. Jadi, buat sendiri proposalmu dan jangan pernah mencontek dari siapapun. Rancang seapik mungkin!

Lampirkan data
Jika proposal kamu semakin bagus, lampirkan data yang relevan. Sebagai contoh kamu dapat mencantumkan omzet bisnis kamu dari waktu ke waktu. Atau presentasi market menguntungkan yang telah diraih dan data lainnya yang mendukung dan meyakinkan investor. Investor senang dengan data yang nyata, karena itulah juga menjadi bahan pertimbangannya dalam menanamkan modalnya. 

Itulah point-point penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam membuat proposal bisnis. Mulailah untuk memperhitungkan semua tentang bisnis Anda sebelum mengutarakannya pada sebuah proposal. Kamu harus paham tentang bisnis yang akan Anda jalankan itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates