Latest News

Cara Ganti Nama Orang pada Tiket Pesawat yang Sudah Dibooking

Awalnya kita sudah senang karena jadwal tiket pesawat sudah di booking, yang artinya jadwal perjalanan kita akan dimulai. Tapi ternyata setelah dicek kesenangan berubah menjadi kegelisahan. Mengapa? Saat melihat nama yang tertera di tiket pesawat kita ternyata tidak sesuai dengan kartu identitas kita, baik melalui KTP ataupun Pasport. Pernah gak mengalami hal seperti itu?

Kesalahan penulisan nama di tiket, baik itu cuma keliru satu huruf atau penulisan nama yang tidak lengkap. Kesalahan tersebut tentu akan membuat kita bingung tak menentu. Keteledoran ini disebabkan karena faktor terburu-buru, kurang teliti, atau karena lalai. Apapun penyebabnya, kesalahan tersebut harus diperbaiki, nama penumpang harus diganti sesuai dengan nama yang benar. 
Ilustrasi
Nama penumpang merupakan salah satu data yang dibutuhkan saat anda melakukan pembelian tiket selain kartu tanda pengenal, nomor teepon, tanggal lahir, dan lain-lain. Saat anda diminta untuk memberikan nama pada proses booking, hendaknya berikan data sesuai dengan yang tertulis di KTP. Akan tetapi apabila tiket yang sudah terlanjur dibooking ternyata salah dalam penulisan nama calon penumpang, mau tidak mau harus dilakukan perbaikan. Bagaimana caranya?

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara ganti nama orang pada tiket pesawat yang sudah dibooking.

Pada dasarnya mengganti nama pada tiket pesawat tidak bisa. Ketelitian sangat diperlukan dalam pengisian nama penumpang sebelum tiket dibayar dan dicetak. Jika proses pembayaran serta pencetakan tiket sudah dilakukan, maka perubahan nama sudah tidak dapat dilakukan lagi. 

Namun apabila kesalahan yang dilakukan tidak fatal, hal ini masih dapat dapat ditoleransi. Misalnya dalam penulisan nama yang seharusnya nama di KTP tertulis AHMAD akan tetapi ditiket pesawat tertulis AHMAT. Hal ini adalah kesalahan tidak fatal karena keliru 1 huruf. Meskipun demikian tetap harus diperbaiki ya!

Jika hal ini terjadi, perbaikan hanya dapat dilakukan oleh pihak penerbangan maskapai. Segera hubungi pihak maskapai penerbangan dan jelaskan kesalahan penulisan nama penumpang pada tiket tersebut. Semakin cepat anda melakukan perbaikan akan semakin baik. Jangan menunggu sampai anda mau terbang, karena usul perbaikan kemungkinan akan ditolak.

Berbeda dengan kesalahan fatal misalnya nama penumpang yang tertulis di tiket adalah SURATNO dan ingin diganti menjadi AHMAD ZAINI, maka hal ini sudah tentu tidak bisa. Karena sudah benar-benar berubah seluruhnya. Jika hal ini terjadi maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan pembatalan tiket Uang anda akan dikembalikan namun tidak 100%, uang akan dikembalikan dengan potongan yang disesuaikan dengan peraturan tiap-tiap maskapai penerbangan. Baru selanjutnya anda akan disarankan untuk melakukan melakukan transaksi booking ulang atas nama yang baru sesuai dengan kartu identitas.

Demikianlah ulasan singkat dari kami. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates