Latest News

Membeli Rumah di Usia Muda, Mengapa Tidak?

Mayoritas anak-anak muda menghabiskan masa mudanya untuk bersenang-senang menikmati hidup. Tidak salah memang, namun satu hal yang luput dari anak muda pada usia 20an yaitu mempersiapkan rumah untuk masa depan. Kebanyakan mereka menjadikan usia sebagai alasan utama untuk menunda menabung atau membeli rumah. Memang, di usia muda masih banyak hal yang ingin dilakukan. Namun perlu dipikirkan bahwa kebutuhan pokok semakin hari semakin tinggi. 
Rumah Minimalis
Begitu pula dengan harga properti rumah yang kian mahal setiap tahunnya. Tentunya hal ini harus ditanamkan dan disadari oleh setiap anak muda untuk mulai menyiapkan uang demi membeli rumah impian. Tak sedikit anak muda juga salah kaprah dalam menaruh prioritasnya. Ada yang beranggapan mereka lebih memilih kendaraan mewah daripada rumah minimalis. Padahal rumah merupakan kebutuhan pokok yang lebih utama dibanding mobil mewah. 

Nah, bagi Anda yang berusia 20an tidak ada salahnya lho mulai dari sekarang sisihkan uang jajan dan menabung untuk mempersiapkan masa depan. Jika Anda yang sudah berpenghasilan di usia muda dan ingin membeli rumah, mengapa tidak? Dibawah ini ada beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menabung untuk membeli rumah impian dari sekarang. Yuk, disimak! 

Harga tanah semakin mahal 
Meskipun Indonesia adalah negara yang cukup luas wilayah daratannya. Namun tetap saja mencari tanah khususnya di daerah perkotaan semakin sulit. Hal itu dikarenkan semakin banyaknya orang di perkotaan, semakin banyak tanah yang dibutuhkan dan menyebabkan harga tanah semakin mahal. Kalaupun ada, pasti sang pemilik menuntut harga yang sangat mahal. Oleh karena itu, solusinya Anda harus pintar mencari tanah di daerah yang terbilang sepi namun memiliki prospek yang baik ke depannya. 

Kenyamanan
Jika Anda memiliki tempat tinggal sendiri, entah itu rumah tapak atau apartemen. Anda bisa lebih nyaman dan bebas mengatur rumah. Tentu hal ini berbeda jika Anda tinggal di rumah dengan keluarga, Anda tidak bisa nyaman melakukan aktivitas karena terganggu oleh keluarga. Jika Anda sudah berumah tangga, kenyamanan itu sangat penting terutama jika Anda memiliki rumah pribadi. Anda dan pasangan bisa menikmati waktu bersama dengan nyaman tanpa diganggu oleh orangtua dan anggota keluarga lainnya. 

Kondisi keuangan lebih siap
Harga properti cenderung naik setiap tahun, apalagi jika properti berada di kawasan strategis di wilayah perkotaan. Untuk itu, penting sekali menabung sedari muda, mulai dari gaji pertama di pekerjaan pertamamu. Dalam beberapa tahun, kondisi keuangan Anda sudah lebih siap untuk membeli rumah sendiri di umur yang tergolong masih muda. Setidaknya Anda sudah siap untuk membayar uang muka rumah dan bisa mencicilnya setiap bulan dengan lancar. 

Membeli rumah jauh lebih hemat
Tentu membeli rumah sendiri akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengontrak rumah. Hal ini karena ada beberapa rumah yang ternyata cicilannya tidak jauh berbeda dengan harga sewa rumah untuk setiap bulannya. Walau memang untuk DP awal membutuhkan uang yang lebih banyak sekitar 20-30%. Tapi tetap, rumah tersebut adalah milik Anda. Mungkin ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda harus mengontrak rumah terlebih dahulu, tapi cobalah untuk menabung sedikit lebih banyak untuk bisa membeli rumah impian sendiri.

Rumah sebagai investasi
Rumah adalah salah satu produk investasi paling menguntungkan, karena harganya yang selalu naik. Selain jadi tempat tinggal, rumah bisa Anda jadikan investasi yang berharga. Jika Anda punya lebih dari satu rumah, maka Anda bisa menyewakan atau menjual salah satunya untuk mendapatkan keuntungan. Atau Anda juga bisa menjadikan rumah sebagai kamar kos jika letaknya strategis dengan kampus atau perkantoran. Investasi seperti ini cukup menjanjikan di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menjual rumah tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi. 

Bisa membangun usaha di rumah
Jika Anda ingin membuka usaha sendiri, rumah pribadi bisa dijadikan tempat untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan menggunakan rumah sebagai kantor bisnis, Anda bisa menghemat budget untuk menyewa tempat. Misalnya seperti membuka jasa catering rumah, laundry pakaian dan sebagainya. Anda juga bisa membuka mini market atau warung kecil di bagian depan rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa menjadikan rumah sebagai kantor bisnins Anda yang tentunya menghemat biaya, waktu dan tenaga. 

Itulah beberapa alasan mengapa di usia muda Anda perlu menabung untuk membeli rumah minimalis impian untuk masa depan. Memiliki rumah sendiri juga penting sebagai modal nikah Anda untuk kedepannya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan masa depan jika sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Semoga informasi diatas menginspirasi Anda! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates