Latest News

Cara Membentuk Keluarga Harmonis


Ilustrasi
Keluarga harmonis adalah komponen penting untuk kehidupan keluarga agar selalu rukun. Penyelarasan dalam visi dan nilai-nilai serta komitmen kuat dari anggota keluarga adalah hal-hal yang berpengaruh untuk membentuk keluarga yang harmonis. Memang tidak mudah memiliki keluarga yang selalu rukun dan bisa menjadi tempat tumpuan saat mengalami kesulitan. Namun, tetap bisa diwujudkan, peran orang tua dalam keluarga itu sangat penting. 

Bagi anda yang baru membentuk keluarga baru harus tahu cara membentuk keluarga harmonis. Cinta dan ego adalah dua hal penting yang harus dikendalikan jika ingin mempunyai keluarga yang harmonis. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat membentuk keluarga harmonis!

Berbicaralah dengan baik satu sama lain
Ini terdengar sangat sederhana, tetapi sering kali ketika kita sedang stres atau sibuk, kita sering membuat pernyataan atau berbicara dengan nada keras kepada anggota keluarga lainnya. Jika Anda terlanjur menggunakan nada yang tidak diinginkan atau bahasa yang terdengar menyakitkan, meminta maaflah. Buat keluarga anda tahu kenapa anda bericara dengan nada atau bahasa kasar. Permintaan maaf dapat membuat keadaan menjadi tenang dan cair seperti semula. Baik kepala keluarga maupun bukan, jangan ragu untuk meminta maaf jika salah karena itu kunci keluarga harmonis. 

Dengarkan keluh kesah dan hargai semua orang
Jika anda kepala keluarga, janganlah jadi dominan begitu juga dengan istri. Biarkan masing-masing tahu apa yang sedang anggota keluarga lain ingin lakukan. Berbicara satu sama lain tentang apa yang ingin dihargai dan apa yang tidak. Dengan saling mengerti kehidupan rumah tangga akan menjadi baik. jangan hanya memaksakan kehendak sendiri, tapi pikirkan orang lain juga. Anda harus mengerti apa yang mereka rasakan kalau anda memaksakan kehendak. 

Hormati setiap keunikan masing-masing anggota keluarga Anda
Baik suami, istri hingga anak-anak mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Ambil citra positif dari itu, jangan abaikan setiap keunikan itu. Masing-masing keluarga harus bisa memahami karakter anggota keluarga lainnya. Bagaimana kalau sedang marah dan biasanya apa yang diinginkan. Cara peredaman amarah juga bisa didapatkan dari pemahaman karakter. 

Gunakan hari Minggu sebagai hari untuk berkumpul
Seringkali jadwal berlebihan dan kita melupakan tentang waktu keluarga. Merencanakan minggu depan dan memeriksa jadwal dengan anggota keluarga untuk menikmati waktu bersama adalah salah satu kunci sukses membentuk keluarga harmonis. Upayakan agar selalu berkumpul di hari minggu itu. Bicarakan tentang satu minggu yang dialami, berceritalah tentang hal-hal yang menyenangkan kepada keluarga dan bersenang-senanglah. 

Kelola stres
Kita semua memiliki tingkat stres tertentu, dan tidak semua stres itu buruk. Tetapi terlalu banyak stres dapat menyebabkan kesusahan, dan ini membawa beban pada tubuh, pikiran, dan hubungan. Latihan, pengejaran kreatif, kegiatan yang menyenangkan, dan hubungan positif semua melawan efek stres. Stres yang berlebihan dapat menghancurkan hubungan dengan keluarga. Oleh karena itu, anda harus bisa mengelola stres dengan baik dan jangan biarkan urusan kerjaan dibawa ke keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates