Cara Mengajari Belajar Membaca Dan Menulis Pada Anak - Fadianji123.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 30 Desember 2018

Cara Mengajari Belajar Membaca Dan Menulis Pada Anak


Kali ini kita akan membahas mengenai Belajar membaca dan menulis pada anak. seperti yang kalian tahu bahwa mengajari anak untuk bisa membaca dan menulis bukan hanya menjadi kewajiban dari guru di sekolah tetapi juga menjadi kewajiban orang tua. Mengajari membaca dan menulis sendiri merupakan salah satu bagian dari parenting yang harus di kuasai oleh orang tua.

Karena apabila anda hanya mengandalkan pengajaran yang ada di sekolah maka belum tentu anak anda akan bisa menyerap semua ilmu yang di berikan. Oleh sebab itu penting sekali bagi kalian juga mengajari anak ketika sedang berada di rumah. namun perlu kalian tahu bahwa ketika kalian mengajari anak di rumah maka kalian harusbisa menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak tidak cepat bosan.

Karena selama ini salah satu masalah yangs erring di hadapi oleh orang tua dalam mengajari anak membaca dan menulis adalah karena anak cepat bosan. Oleh sebab itu sebelum kalian mengajari anak maka hal penting yang harus kalian lakukan adalah menciptakan suasana yang menyenangkan. Bagi kalian yang ingin mengajari anak Belajar membaca dan menulis maka berikut ini adalah cara yang bisa kalian lakukan.

Cara Mengajari Belajar Membaca Dan Menulis Pada Anak
Cara Mengajari Belajar Membaca Dan Menulis Pada Anak
Pertama,, apabila kalian ingin mengajari anak membaca dan menulis maka kalian harus memperkenalkan dasar dari membaca dan menulis. Kalian bisa memperkenalkan kepada anak mengenai angka dan juga huruf abjad sehingga anak akan lebih mudah untuk mengerti kedepannya. Agar lebih menyenangkan maka kalian bisa menggunakan bantuan dari berbagai media yang di sukai anak agar anak tidak mudah bosan.

Kedua, apabila kalian hendak mengajari anak mengenai baca tulis maka kalian harus menggunakan media yang menarik. Karena seperti yang telah di sampaikan di awal bahwa anak cepat sekali merasa bosan ketika belajar. Dengan perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini maka kalian bisa menggunakan media teknologi untuk proses belajar mengajar. Untuk media elektronik yang bisa kalian gunakan seperti smartphone tablet atau yang lainnya. 

Atau juga kalian bisa menggunakan media lain seperti menggunakan media lain seperti karpet bergambar atau juga puzzle untuk mengajari anak. kalian juga bisa menggunakan permainan papan tulis atau papan gambar untuk mengajari anak anda. tentunya dengan menggunakan media yang menarik maka akan membuat anak anda akan menjadi lebih tertarik untuk belajar bersama anda.

Ketiga, ketika kalian hendak mengajari anak anda belajar membaca dan menulis maka kalian bisa menggunakan kata kata yang sederhana. Ketika anak anda masih balita berusia 2 -3 tahun maka kalian bisa memulainya dari kata yang simpel seperti ayah dan ibu dan orang orang terdekat. Begitu juga dengan belajar menulis usahakan untuk menggunakan kosakan yang tidak asing bagi anak agar anak mudah untuk memahami.

Keempat, hal terpenting ketika kalian hendak mengajari anak anda belajar membaca dan menulis adalah jangan terlalu memaksakan anak untuk belajar. Terkadang banyak orang yang tidak sabar ketika mengajari anak dan memaksakan anak untuk selalu belajar padahal anak merasa bosan. Perlu kalian tahu bahwa cara tersebut  adalah cara yang salah. Apabila anak anda merasa bosan dengan proses belajar yang di lakukan maka kalian harus mengganti metode belajar kalain dengan metode yang lebih menyenangkan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan apabila kalian hendak mengajari anak anda untuk Belajar membaca dan menulis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad