Cara Membuat Keju Mozarella Rumahan Yang Mudah

  • Whatsapp
banner 468x60

Keju mozzarella sekarag ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Keju Mozarella banyak digunakan untuk membuat kue, makanan manis atau juga menjadi topping makanan. Keju mozzarella bukan hanya digunakan untuk makana Eropa seperti steak atau pizza. Keju mozzarella juga digunakan untuk makanan khas Indonesia seperti risoles, martabak dan nasi goreng. Bahan makanan yang menggunakan keju mozzarella biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal karena memang keju mozzarella mahal harganya. Maka untuk anda yang ingin mengirit belanja bulanan. Anda bisa buat sendiri keju mozzarella di rumah. Anda bisa melihat resep atau cara membuat keju mozzarella rumahan yang mudah berikut ini.

  1. Keju Mozarella Original

Bahan yang diperlukan untuk membuat keju mozzarella rumahan ini adalah susu yang sudah dipateurisasi sebanyak 6 liter, asam sitrat sebanyak 11 gram, air sebanyak 2/4 gelas ukuran biasa, rennet sebayak ¼ tablet, dan garam sebanyak 11 gram.

Cara membuat keju mozzarella rumahan original ini diperlukan beberapa tahapan yang membutuhkan kesabaran. Tahap pertama adalah dengan memasak susu pasteurisasi hingga suhunya mencapai 30 derajat celcius. Sambal menunggu susunya, anda bisa melarutkan asam asitratnya denga air biasa sebayak ¼ gelas. Setelah itu anda bisa memasukkan ke dalam susu tadi dan aduk hingga 5 menit. Setelah itu larutka juga rennetnya dengan air ¼ gelas juga dan tambahkan pada susu.

Ambil tutup panci dan tutupkan selama 11 menit hingga susunya bergumpalan. Setelah menggumpal, bagi susunya dengan dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah itu siapkan saringan dan saring susu tadi. Pindahkan ke dalam wadah lain dan taburkan garam dan anda aduk sebentar. Kemudian anda buat melar adonannya dengan spatula. Adonan mozzarella siap digunakan untuk topping atau campuran makanan.

  1. Keju Mozarella Dengan Bahan Seadanya

Keju mozzarella ini memang menggunakan bahan seadanya dan pastinya murah. Untuk rasa tentu berbeda namun masih enak. Bahan yang diperlukan untuk membuat keju mozzarella ini  adalah keju cheddar sebanyak 200 gram, susu UHT kemasan 250 ml. tepung aci atau sagu sebanyak 30 gram atau 3 sendok makan.

Pembuatan keju mozzarella dengan bahan seadanya ini adalah dengan melarutkan tepung sagu ke dalam susu UHT dengan ukuran 50 ml. diaduk rata dan diamkan dahulu. Di tempat berbeda masukkan sisa susu UHT ke dalam panci dan tuangkan keju cheddar yang sudah diparut terlebih dahulu.setelah itu masak dengan api yang kecil saja dan aduk terus. Masukkan tepung sagunya ke dalam campuran susu da keju yang dimasak. Aduk lagi terus dan tunggu hingga mengental. Setelah itu masukkan susu yang pertama tadi dan setelah itu pindahkan ke dalam wadah dan setelah itu dinginkan di suhu ruangan dan masukkan ke dalam kulkas.

  1. Keju Mozarella KW

Keju mozzarella KW ini tentunya tidak jauh berbeda dengan keju dengan bahan seadanya di atas. Bahan yag digunakan juga tergolong murah. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung maizena sebanyak 4 sendok makan, 1 bungkus lebihb sedikit nutrijell kemasan yang plain, garam sebanyak 1/5 sendok teh, susu UHT 310 ml, dan keju cheddar 181 gram.

Parut terlebih dahulu keju cheddar dan masak dengan api kecil dan tambahkan bahan lainnya. Aduk terus adonannya dan kemudian lakukan hingga adonannya kental. Mask hingga adonannya juga mengeluarkan letupan kecil-kecil. Masak hingga adonan juga melar setelah itu diamkan dan tuangkan dalam wadah. Keju mozzarella KW siap digunakan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *