Contoh Laporan Posisi Keuangan, ada Beberapa Jenis Yang Perlu Anda Tahu

banner 468x60

Laporan keuangan dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting sekali, karena ini bisa dibilang sebagai inti dari sebuah perusahaan. Keuangan merupakan hal yang dasar dan harus dilaporkan secara berkala sebenernya ada banyak sekali contoh laporan posisi keuangan yang bisa Anda temukan di Internet dan pastinya sangat bervariasi.

Saat ini kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari laporan posisi keuangan. Berikut ini beberapa jenis untuk laporan posisi keuangan yang biasanya digunakan.

Jenis-Jenis Contoh Laporan Posisi Keuangan

1. Laporan Laba Rugi
Pengertian laporan keuangan laba rugi merupakan yang biasanya digunakan oleh perusahaan, hal tersebut berguna untuk mengetahui bahagaimana posisi keuangan laba dan rugi dari sebuah perusahaan.

Jenis laporan ini juga memiliki nama lain income statement atau profit and loss statement. Ini merupakan laporan yang memiliki fungsi untuk menilai kinerja keuangan.

Laporan laba rugi ini sengaja dibuat oleh pihak perusahaan sebagai acuan untuk kondiri perusahaan serta mengambil Langkah selanjutnya untuk pemimpin perusahaan.

Kita bisa menemukan informasi yang terdapat pada laporan tersebut, disini kita bisa menemukan data apakah perusahaan tersebut sedang mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi. Selain itu juga berguna untuk memberikan informasi pajak perusahaan.

Kemudian laporan tersebut juga dapat digunakan untuk bahan evaluasi manajemen serta membantu dalam pengambilan keputusan.

Untuk format dari laporan keuangan laba rugi ini, kita bisa menemukan beberapa hal atau spek yang terdapat di dalamnya.

Biasanya untuk laporan laba rugi tersebut mempunyai isi formasi berkaitan dengan pendapatan, harga pokok produksi, beban, beban pajak, laba atau rugi dari perusahaan.

Dalam hal ini tentunya ada beberapa komponen yang perlu untuk diperhatikan pada saat pembuatan laporan laba rugi perusahaan tersebut, diantaranya yaitu:
• Pendapatan. Baik operasional maupun non operasional.
• Laba rugi usaha.
• Laba rugi perusahaan.
• Biaya operasional.
• Beban pinjaman.
• Beban pajak.

2. Laporan Perubahan Modal
Mengenai laporan perubahan modal yaitu data yang memberikan gambaran perubahan baik itu berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama dalam satu periode.
Pengertian berkaitan dengan perubahan modal yaitu berisi tentang besarnya perubahan modal keuangan yang sedang terjadi, sehingga dalam hal ini Anda bisa mempunyai gambaran untuk perencanaan perusahaan kedepannya.

3. Laporan Neraca
Ini merupakan jenis laporan keuangan yang sesuai dengan Namanya yaitu laporan keuangan yang menunjukkan berkaitan dengan posisi dan informasi keuangan dari sebuah perusahaan.

Untuk laporan neraca ini Anda bisa melihat terkait informasi asset, kewajiban serta modal perusahaan dengan lengkap dan rinci.

Mengenai laporan neraca tersebut sangat penting untuk perusahaan supaya dapat merencanakan proyek kedepan.

4. Laporan Arus Kas
Mengenai Laporan arus kas ini berguna untuk memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu laporan ini juga memiliki fungsi untuk indicator dalam memprediksi arus kas [ada periode yang akan datang.

Mengenai sumber dari laporan arus kas ini terdapat beberapa macam. Misalnya yaitu mulai dari kegiatan operasional dari perusahaan kas perusahaan sampai dengan pendanaan atai pinjaman yang di dapatkan oleh perusahaan.

Laporan arus kas ini merupakan sebagai bentuk pertanggungjawaban arus kas yang masuk dan keluar selama dalam periode pelaporan.

Mah itulah beberapa jenis contoh contoh laporan posisi keuangan, tentunya informasi tersebut akan membantu Anda dalam membuat laporan untuk perusahaan yang Anda miliki atau perusahaan tempat Anda bekerja.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.