Merawat Rambut Sehat dengan Kondisioner

Merawat Rambut Sehat dengan Kondisioner
banner 468x60

 

Memiliki rambut sehat dan berkilau menjadi impian kita bukan? Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan mencuci rambut secara rutin. Namun, tidak hanya itu ada banyak produk perawatan rambut yang perlu anda coba seperti kondisioner. Agar rambutmu tetap sehat dan nyaman saat beraktivitas. Kondisioner merupakan produk untuk perawatan rambut agar lebih sehat dan mudah diatur. Selain itu, produk ini dapat meningkatkan volume rambut yang memberikan kesan mengembang pada penampilan anda. Tujuannya agar setiap helai rambut anda tidak saling bergesakan saat disisir. Kondisioner mengandung surfaktan kationik yakni senyawa penting yang dapat mengikat ion-ion negatif pada helai rambut. Ikatan ini akan membentuk lapisan kutikula rambut. Kandungan asam pada produk ini membuat lapisan kutikula saing berikatan yang membentuk rambut terasa lebih halus.

Read More
banner 300250

Jenis-Jenis Kondisioner untuk Rambut

Pada faktanya, pada saat seseorang keramas saja belum cukup untuk memberikan nutrisi dan penampilan. Hal ini yang menyebabkan perlunya menggunakan sampo dan kondisioner pada saat anda mencuci rambut secara rutin. Sehingga membutuhkan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut masing-masing orang. Sejumlah kondisioner yang tersedia dapat anda pilih sesuai kebutuhan, diantaranya:

  • Deep conditioner

Produk ini biasanya digunakan oleh orang yang memiliki rambut rusak dan kering. Sesuai dengan istilahnya, kandungan pada produk ini menyimpan minyak ekstra dan pengemulsi cukup banyak. Sehingga, rambut kering anda mendapatkan nutrisi kelembapan yang cukup. Deep conditioner tidak disarankan digunakan untuk rambut normal karena kandungan didalamnya meyebabkan rambut terlihat lepek.

  • Kondisioner bilas

Produk perawatan rambut ini paling umum digunakan. Selain cara pemakaian yang mudah, efektivitas kandungan didalamnya dapat dikonsumsi oleh pengguna yang memiliki rambut kering, normal, maupun berminyak. Karena, produk ini bertujuan untuk melindungi rambut anda saat dikeringkan.

  • Kondisioner masker atau masker rambut

Jenis kondisioner masker dirancang untuk menembus folikol pada rambut. Folikol rambut akan mendapatkan nutrisi dan kelembapan dari zat-zat yang terkandung didalamnya. Sehingga, rambut tampak lebih indah dan sehat.

  • Kondisioner tanpa bilas

Fungsi produk ini adalah melembapkan dan menghaluskan rambut anda. Namun, anda tidak perlu membilasnya karena jenis kondisioner ini tidak mengandung minyak.

Cara Memakai Kondisioner agar tidak merusak rambut

Setelah anda mengetahui jenis-jenis kondisioner, anda dapat menggunakannya sesuai jenis rambut yang anda miliki. Jika anda sudah memutuskan untuk membeli produk kondisioner sebagai produk perawatan rambut, bacalah aturan pakai dan kandungan pada produk. Banyak tawaran kondisioner di pasaran yang menyarankan agar dipakai setelah memakai sampo. Alasannya, sampo biasanya dapat menghilangkan kelembapan rambut yang akan membuat rambut anda kering. Anda dapat menggunakannya setelah memakai sampo dan dibilas. Setelah itu, oleskan produk dari batang sampai ujung rambut. Namun, jangan sampai mengenai kulit kepala. Kandungan silikon pada kondisioner dapat menyumbat pori-pori area kepala. Hal ini menyebabkan rambut kering karena minyak alami dari dalam folikol tidak dapat mencapai tiap helai rambut anda. Pada sisi lainnya, jika anda memiliki rambut kering, rusak atau terpapar bahan kimia produk perawatan rambut sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan kondisioner. Namun, sesekali anda dapat menggunakannya hingga kulit kepala untuk memicu munculnya minyak alami.

Catatan penting untuk para pengguna kondisioner, jangan terlalu banyak dalam pemakaian. Karena membuat rambut anda terlihat lepek atau kering bukan tampak bervolume. Sebaiknya, memakai kondisioner dengan takaran secukupnya.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.