Latest News

4 Komponen Utama Kecanggihan Teknologi Pada Smartphone

Smartphone telah menjadi bekal dari kebutuhan pokok sebagian manusia, dengan keberadaannya, manusia dibuat menjadi lebih mudah dan efisien dalam menjalankan segala aktifitasnya sejak mengenal smartphone ini. Di sisi lain, berbagai vendor smartphone terus mengembangkan berbagai jenis produknya untuk berusaha berunjuk gigi di pasar dunia yang semakin lama semakin ramai. Tak heran jika banyak perusahaan-perusahaan gadget yang merilis berbagai jenis smartphone dengan teknologi canggih untuk mengamankan posisinya dalam bersaing smartphone dengan brand lain.
Ilustrasi. (foto: google.com)
Dalam teknologinya sendiri, sebuah smartphone memiliki berbagai fitur yang berbeda-beda. Perbedaan itu meliputi beberapa komponen yang dapat ditemui mulai dari segi desain sebuah smartphone sampai spesifikasi yang dibekalnya. 

4 Komponen Utama Kecanggihan Teknologi Pada Smartphone
Berikut adalah empat fitur dalam sebuah smartphone yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengetahui tingkat kecanggihan teknologi pada suatu brand atau juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membandingkan antar smartphone.

1. Layar Smartphone
Layar merupakan komponen pokok sebuah smartphone, untuk mengecek tingkat kecanggihannya sendiri, jenis layar ini dibagi menjadi 7 bagian seperti berikut (diurutkan dari yang terbaik).
  • Super Amoled : Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode merupakan tipe layar pengembangan brand Samsung yang memiliki keunggulan sensor sentuh pada layar itu sendiri, sehingga layar menjadi sangat tipis, ringan dan responsif/fleksibel serta memiliki ketajaman warna yang super jernih.
  • IPS LCD dengan LED backlit : Tipe layar ini memiliki ppi diatas 300 dan memiliki kualitas gambar natural yang merupakan pengembangan brand Apple.
  • Amoled : Active Matrix Organic Light Emitting Diode memiliki kualitas gambar yang sangat baik dan juga stabil walaupun berada dibawah sinar matahari.
  • Oled : Tipe layar ini memberikan warna yang pekat dan kecerahan tinggi, selain itu layar ini memiliki sudut pandang yang luas, ringan, tipis, dan fleksibel.
  • IPS  LCD : In Place Switching ini adalah tipe layar yang hemat baterai.
  • TFT  LCD : Thin Film Transistor menawarkan kualitas gambar yang cukup baik dan beresolusi tinggi.
  • LCD : Liquid Crystal Display merupakan layar yang terdiri dari elemen lapisan cair penghasil warna dengan bantuan cahaya backlight yang menghasilkan gambar cukup baik.
2. Dapur Pacu
Smartphone juga membutuhkan tingkat dapur pacu yang tinggi untuk mendukung kinerja ponsel. Semakin besar ukuran RAM maka semakin baik pula aktifitas software yang terpasang, untuk processornya sendiri memiliki beberapa jenis sesuai kecanggihan masing-masing yaitu Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, Huawei Kirin, MediaTek, Intel, Ti-OMAP, NVIDIA Tegra, Broadcom, dan Nova Thor.

3. Baterai
Smartphone membutuhkan sebuah baterai yang memiliki kapasitas cukup besar atau memumpuni untuk mendukung kinerja smartphone dengan jangka waktu yang lama. Baterai bawaan ponsel lebih baik ketimbang baterai pengganti, jadi berhati-hatilah ketika ponsel masih dibekali baterai bawaan/original. Jenis baterai ada dua macam yakni Lithium-Ion dan Lithium Polymer yang sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

4. Camera
Smartphone selalu dibekali dengan kamera, entah itu VGA, Kamera Digital, ataupun Mega Pixel. Sedang jenis kamera yang baik ialah kamera Mega Pixel yang memiliki ketajaman gambar sangat baik, semakin besar resolusi Mega Pixelnya maka semakin baik hasil gambarnya. Selain itu, kamera yang bagus juga dibekali dengan Lensa yang memiliki fix kecil, Stabilization baik, Manual Exposure Control, serta AutoFocus.

Keempat fitur tersebut adalah komponen utama dalam sebuah smartphone yang harus diperhatikan. Satu sama lain saling berhubungan dalam menyokong teknologi canggih sebuah ponsel pintar. (yff)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates