Latest News

Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Kusam

Kamu punya baju putih di Rumah? Ya, biasanya baju putih itu seragam sekolah, kantor atau memang baju untuk jalan-jalan pun ada yang berwarna putih. Warna yang netral ini disukai orang-orang karena mudah dipadupadankan dengan warna lain. Ketika mencuci baju putih menggunakan mesin cuci, pastikan ada petunjuk pemakaiannya baik dari label baju atau dari orang yang jual mesin cuci. Karena tidak semua baju bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Kalau mencuci dengan cara manual relative lebih mudah, asal jangan menyikatnya saja. 

Warnanya yang terah dan bersih membuat noda akan sangat kelihatan, meskipun hanya sekedar keringat pada bagian kerah. Masalah yang sering dialami oleh baju berwarna putih adalah perubahan warna. Kamu ingat ketika masa-masa sekolah? Seragam putih saat pertama kali dipakai akan berbeda dengan saat kenaikan kelas. Perubahan dari putih bersih menjadi kusam atau kekuningan. 
Ilustrasi. (foto: ayeey.com)
Sepertinya baju putih ini harus mendapatkan perawatan khusus agar warnanya tidak kusam. Jika iklan di televisi banyak menawarkan pemutih yang dianggap ampuh memutihkan, disini ada cara mencuci baju putih agar tidak kusam.
  • Sebelum mencucinya, rendamlah baju menggunakan detergen penghilang noda beberapa saat. Gunakan detergen khusus baju putih. Biasanya detergen ini memiliki formula yang ampuh mencegah baju agar tidak kusam.
  • Perhatikan bagian leher, kerah, kantong, ketiak dan ujung lengan atau pergelangan tangan. Bagian-bagian ini sering kotor akibat keringat dan sulit dibersihkan dengan mesin cuci. 
  • Setelah dicuci, bilaslah baju dengan air bersih dan pastikan tidak ada noda yang tersisa. Jemur baju di bawah sinar matahari karena warna putih terkadang sulit kering. 
  • Biasakan segera mencucinya untuk mencegah bahan kimia deodorant atau parfum menempel terlalu lama sehingga sulit dibersihkan. Bagian ketiak sering terdapat noda kuning karena bahan kimia dari deodorant. 
  • Pisahkan baju putih dengan baju warna lain saat merendamnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah baju putih terkena lunturan warna lain.
  • Saat menjemurnya, hindari gantungan berbahan logam atau besi agar noda karatnya tidak menempel.

Sebaiknya kamu menggunakan air bersih dan jernih, karena bisa mempengaruhi juga baju putih kamu. Saat mencucinya dengan kualitas air yang rendah, maka baju putih akan lebih cepat kusam. Perhatikan juga kain bajunya, karena beda kain ya tentunya beda juga perlakuan yang diberikan. Tentu tidak mau bukan baju putih kamu jadi kusam? Selain itu mintalah pendapat atau sharing cara mencuci baju putih kepada orang yang jual mesin cuci terbaik 2017. Barangkali dia memiliki cara yang jauh lebih ampuh dan bisa kamu coba di Rumah. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fadianji123.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates